Kamis, 10 Desember 2009

Kerja praktek Pertamina RU IV Cilacap, part one

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk pak bimada,,,,,
^_^

hmmm,,,tak terasa ternyata 2 bulan bimbingan dengan bapak selesai sudah.
Terimakasih pak, atas segalanya
Saya banyak belajar dari bapak,,,,bahkan pelajaran yang belum pernah saya tahu di perkuliahan.



Awal pembagian pembimbing,,,udah dapet pesen dari mas gigih(praktikan bimbingan bapak yang dulu di undip)
”bapaknya enak kok. Jangan takut ama jambangnya yawh.heheheh”

ngomong2 masalah jambang, aku dah bayangin.hmmm,jangan2 orangnya serem yaks.
Temen2 dah pada ketemu pembimbing, tapi aku doang yang belum. Bapaknya gak ada. Ada vita juga yang ternyata belum dapet pembimbing. Dia telat daftar gitu dehHHH...

Satu hal yang aku tangkap dari temen2 di awal pertemuan mereka bersama pembimbing.
Ada yang ditanyain pelajaran kuliah, namun temanku yang bernama reta ini tetep sumringah.hmmm, katanya yang ditanyain ama pak simon,,materi dia pas jadi asisten

Ada pula yang was-was.upzzzz,,,,,,ketemu orang paling pinter se-ITB. Ckckckck,,,awalnya aku juga bingung kenapa anak2 PE mania yang hobi ngeGosip ini, ujung2nya pasti ngomongin beliau. Tapi,,,setelah tau beliau alumni terbaik ITB. wawWWWW,,,subhanallah.
Tapi sayangnya, temenku ini malah takut. Takut ntar bakalan ketauan ’gak bisa’nya kalo bimbingan ma beliau. Dan diakhir cerita, temenku ini malah jatuh sakit.

Ada pula temenku yang seneng gara2 pembimbingnya alumni undip.hmmmm,,seru juga nih. Sapa tahu dapet traktiran makan atau hal2 yang menyenangkan lainnya. Karena satu almamater gitu lowh.hoho...(walauopun di cerita selanjutnya,,akan sangat berbeda dan lebih spesifik lagi, tidak sesuai bayangan.hehheh.pisss pak koko.^^)
Selain itu,,,ada juga 2 mbak-mbak dari UGM. Yang satu dapet utilities n yang satu lagi dapet pak hermawan(kalo gak salah). Tapi sayang, aku gak banyak dapet cerita dari mereka. Maklum bukan satu rumah.


Dari pertemuan awal temen2 ma pembimbing, inti yang aku tangkap adalah....belum jelas ni mau ngapain ajah. Masak cuman disuruh ketemu lagi satu minggu kemudian. Katanya si, bisa bimbingan tiap hari. Tapi ngapain ajah yawh?????? Gak boleh ni kayak gini. Tiap harinya harus jelas bakalan ngapain ajah.ckkckckckck.......kebayang anak2 departemen ristek bem fakultas teknik yang aku tinggalin 2 bulan disini. Masak kerjaannku jadi gak jelas. Kebiasaan rapat tiap sore, wira wiri cari sponsor, hubungan ma dekanat, masak harus rehat dengan pembelajaran yang gak terstruktur.
Trus,,,anak2 juga udah dapat gambaran tugas khusus yang dikasih. Ada yang excel doang, ada yang hysys juga. Sebenere aku juga buta dengan hysys. Tapi bukan pembelajaran kalo lari dari hysys n milih nyaman dengan excel. Gak aada bedanya ma semarang dungz. Dan inilah awal petaka buatku.hoho

Hmmmm,,,,target awal!ketemu pembimbing atas nama bimada gurit paramita, aku harus bilang. ”pak, tiap haru saya dikasih target belajar yawh pak.”

Dan saat itupun tiba.
Saat pertama bertemu pak bimada.
wawwWWW,,iya. Ternyata pak bimada punya jambang kayak yang dideskripsikan mas gigih. Terbayang cerita mas gigih. Beliau alumni ITS (hmmm,,,aku bawa nama baik almamaterku nih). Beliau suka sibuk. Dan awas!kamu bakalan presentasi tiap sore.hmmm,,,presentasi????biasa ajah. Presentasi depan 1000orang--dah pernah, presentasi depan bule—dah pernah, presentasi depan orang dekanat n rektorat—dah pernah, presentasi dengan orang kementrian—dah pernah.
Hmmmmm,,,,sama beliau gimana yawh?.
11 september 2009, pertemuan pertama dengan beliau. Setelah penantian terpanjang di perpus PE tanpa kegiatan.
Ternyata ngobrol biasa ajah si, ngobrol banyak hal. Tapi aku lupa isinya.hehehhe
Beliau contact engineer Lube Oil Complex II, unit pengolahan yang kebagian buat bahan baku oli. Hmmm,,, contact engineer???orangnya harus bener2 pinter ni. Seumuran beliau yang 30 tahun-an n baru masuk pertamina 2 tahun yang lalu harus mimpin operator yang udah kerja 20 tahunan.hmmm,,,kalo gak bener3 pinter bisa dikalahin ma orang2 kilang.

Dan kembali ke bimbingan,,,,,

Yang pasti, aku dah menyampaikan ”pak, saya tiap hari gak pengen ngannggur pak. Kalo bisa tiap hari ada kerjaan.”
Bapaknya pun menanggapi dengan banyak diagram dan panah (yang nantinya akan terus aku dapatkan dari bapaknya dan selalu aku kumpulkan). Sebuah diagram yang selalu pak bimada buat dibalik kertas bekas.
Hmmm,,,,finally,aku harus pressentasi di hari berikutnya. Banyak rek!

Presentasi flowsheet, hmmmm,, bapaknya detil banget ngetes aku tentang produk pertamina yang terdiri BBM, nonBBM dan petrokimia.
Selesai ngomongin ini, besok aku harus udah siap untuk belajar unit LOC II. Mau diajakin ke kilang nih.
Hmmm,,bisa nyombong nih. Karena pembimbingku orang pertama yang ngajakin praktikan ke kilang.horayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy!!!!!asyik.
Bersama anak2, aku jadi tahu gedhe-nya kilang minyak terbesar di indonesia.

Upzzzz,,,kejutan pertama.
”lamiya, sekarang di depan mbak vinelaa(sang OJT), temen2mu dan saya, silakan jelaskan blok diagram LOC II” kata pak bim pada ku
uhHHHHH,,,,,presentasiku ancur!malu depan temen2. gak tau ni., aku llupa semua.hikzzzzzzzzzzzz
tapi,,,,not bad-lah.lanjut aja ding

dan kegiatan kerja praktek kami pun sudah mulai menyibukkan kami.
Entah baca-baca buku, memperlajari flowsheet, masuk kilang, dapet badge baru di SRU danlainlain.
Tapi, ada pula kegiatan baru yang kami mulai.
Cerita ulang pengalaman bimbingan ke pembimbing.
Kalo reta,,,dia lagi pusing dengan ”Henry”.hmm,,maklum, kayaknya pak simon ngasi tugas dia tentang absorber. Trus, cerita dia yang cukup lucu karena diledekin sama mas2 OJT yang sering nganterin di SRU.hahahha,,,,tambah lagi, dia malah saingan ma mbak-mbak OJT pula.wkwkwkwkkw. tapi kami tau kok, tiap pagi dia udah ada yang slalu telpon dia dengan panggilan sayang.

Kalo ika,,,sebenere kami rada kasian ma dia. Hmmm,,gimana yawh. Dia sering dikacangin. Yang kami maksud ’ngacangin’ tu,,bapaknya sering cuek kalo ketemu. Padahal kami udah nyoba nyapa termasuk ika yang sering papasan di perpus PE. Hmmm, tapi bapaknya kok ngacir aja yawh tiap kali ketemu kita. Padahal diawal, kami kira dia orang paling beruntung karena ketemu alumni. Yahw,,,itulah lika-liku kehidupan.hehhe.
Tapi lucunya, kami selalu ngeledekin ika yang naksir pembimbing melati.hehhehe. saking dicuekin pembimbingnya, dia pengen tukeran ma melati yang kerja prateknya boleh sambil di semarang.hahahhaha. ika,,ika,,,ada ada aja
Eh eh,,,di akhir2 beliau gak cuek-cuek amat ding. Lagian ika kayaknya ’gimana’ gitu deh.

Kalo melati,,,hmmm, bersama bapak-bapak yang masih muda ini, dia ngerasa minder. Kalah jauh pinternya.ckckckckc,,,,,

Nah kalo aku,,,,,nano-nano nih ceritanya.
Aku tu terkenal dengan bimbingan yang lama. Minimal 1 jam. Tapi bimbingan plus ngobrol ama bapaknya enak si.
Dan anak2 mulai tahu kalo pak bimada tu orangnya suka detil. Ditanyain gimana tekanannya bisa turunlah, ditanyain gimana sistem bisa vakum lah, ditanyain gimana aliran bisa ngalir lah, ditanyain low-high pressure lah. Hmmmm,,tapi semua itu untuk aku juga si. Udah dua kali temen2ku mergokin aku yang lagi ditanyain hal2 detil ma pak bimada. Pertama, pas awal masuk kilang. Kedua waktu dikilang juga ketika aku ditanya2in mechanical flow diagram.
Hmmmm,,,betul kan teman2,gimana ceritaku selama ini. Kenapa aku selalu heboh sendiri dengan semua analisa tiap kali aku mau bimbingan ma bapaknya.
Trus, bapaknya pasti bukan tipe orang yang langsung ngasi jawaban kalo kita nanya. Pasti diarahin sambil ditanya2in balik ke kita sehingga kita bisa nemuin jawaban yang bener dengan nalar kita.
Bapaknya tu cocok banget jadi dosen. Aku selalu dijelasin dari konsep dasar sampe mudeng.hmmm,,keren!bapaknya pinter banget ihHHH
Tugas khusus yang dikasih sama bapaknya pun beda banget! Gak ada tuh Cuma ngitung optimasi atau simulasi ajah. Temen2 pada salut ma pak bim, katanya si mereka pengen tugas yang kayak gitu tuh. Tapi bener2 suatu hal yang baru.hmm,,,senangnya!semoga laporanku nanti bermanfaat. Emang ini si yang aku pengen, udah request sama bapaknya buat ngasi tugas khusus yang menarik.hehhehehe,,,walau awal aku bingung banget. Sampe aku bela2in nanya ke dosen di semarang. But,,,finally,,,, everythings allright
Dan setauku, bapaknya gak suka banyak ngomong. Jarang tuh aku ngeliat bapaknya kerja sambil ngemil kek, ngobrol bentar kek, jalan2 bentar kek. Sepenglihatanku kalo aku lagi ngintip2 dari perpus PE ato masuk lewat pintu FasEng,,,bapaknya hanya standby depan komputer sambil ngetik.hmmmmm,,konsisten

Oiya,,,kembali ke setting lagi bimbingan.
Dan sayangnya, ketika aku dapet pertanyaan dari bapaknya.
Gak tau kenapa, ganglion otak yang menghubungkan dendrit dan neurit otak tidak berjalan dengan cepat ketika mendapat pertanyaan dari bapaknya.
Untuk itulah aku sering matikutu di depan bapaknya.hizzzzzzzzzzzzz,,,gak bisa jawab!apes. malu. Dan hanya bisa meringis.hehhehhe
Yang pasti, segala pengalaman yang pernah aku dapet. Entah pernah 10 hari di malaysia buat ketemu mahasiswa teknik se-asia tenggara, ikut Sampoerna Best Student Visit, jadi ketua panitia lomba tingkat nasional, jadi kepala departemen maupun jadi pembicara di depan mahasiswa baru,,,,,,nampaknya luntur di depan bapaknya.
Ya iya lah,,,bedanya dengan presentasi di tempat lain diatas,,,aku ngomongin tentang organisasi, debat masalah konsep acara dan pengetahuan sosial. Bukan tenatang ilmu pengetahuan yang udah pasti bener n salahnya. Gak bisa ngeles lagi.hwwwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa nyesel, kalo kuliah Cuma masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Baru kerasa kan,,,,gimana pentingnya.

Makanya,,,bapaknya aja pernah bilang ma aku
”kalo njawab, jangan ngeles kalo emang gak tahu. Jangan suka ngarang/”
hugzzzzzz, bapaknya ngena banget.
Tapi emang iya si. Tipe kayak aku yang suka beradu argumen, sukanya ngeles daripada bilang gak bisa.


Terakhir pak,
Terimakasih atas segalanya
Saya jadi tahu akan banyak hal.
Data-data yang saya peroleh pun paling banyak diantara yang lain
insyaAllah, ini anugrah Allah yang Allah berikan kepada saya sebagai bekal saya untuk mengerjakan tugas perancangan

yang dipelajari dalam teknik kimia adalah ’proses’
alhamdulillah pak, antara input saya masuk kerja praktek di pertamina dan proses yang saya alami dengan memperoleh bimbingan dari bapak, menghasilkan output saya yang memiliki nilai jual yang tinggi
sukses selalu untuk bapak
salam untuk nyonya bimada,,,,
semoga sukses selalu dan cepat dapat Bimada Jr (junior).^^
doakan saya juga pak
wassalam.

Lamiya Mu’nisatus Zahro
Teknik kimia UNDIP 2006
Kepala departemen Riset dan Teknologi BEM FT UNDIP
0856 400 25 410
zhazha_chunis@yahoo.co.id
putri indonesia 2011 (obsesi.......semoga nyata.^^)

4 komentar:

  1. hehehe....
    gud2....

    BalasHapus
  2. Lino Meris Rahmanto2 Juni 2010 pukul 22.52

    mantab-mantab ...

    salam kenal saya lino ITS ... menmbaca blog mbak jaditertarik untuk sharing ...

    bulan depan saya akan KP ke cilacap .. nah mau tanya nih yang disiapin apa ja ketika KP?

    apakah juga disiapin buku2 atau literatur dan flowsheet proses untuk dibawa kesana?

    BalasHapus
  3. waahh cilacap kotaq tercinta.. jadi pengen pulang :'(

    BalasHapus