Kamis, 10 Desember 2009

XTOLD (Expo of Technology at Diponegoro University)

19 November 2009
Teknologi Masa Depan Harus lebih Cerah

Semarang, BT
Teknologi merupakan salah satu bagian dari pengembangan kegiatan Perguruan Tinggi dalam pengabdiannya kepada masyarakat dengan cara mengenalkan teknologi tepat guna, sehingga masyarakat mampu menciptakan teknologi terapan baru untuk kesejahteraan dan kemajuan dimasa datang. Demikian dikatakan Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Penelitian dan Pegembangan Prov. Jawa Tengan Drs. Agus Suryono, MM pada Pembukaan Expo of Technology at Diponegoro University (X-TOLD) Semarang, yang bertema “Inovasi Teknologi Untuk Menyongsong Masa Depan Yang lebih Cerah” (Inovation of Technology For Brighter Future), di Auditorium Undip Semarang. Kamis (19/11).

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari dukungan sukses implementasi Misi ke-4 (empat), Pembangunan Jawa Tengah 2008-2013 yaitu: “Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis kompetensi secara berkelanjutan”, dimana pem-binaan kualitas profesional Sumber Daya Manusia didorong dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan melalui berbagai kegiatan penerapan teknologi seperti halnya kegiatan X-TOLD yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.

Gubernur minta kepada generasi muda, agar dapat mengembangkan semua potensi dan kreativitasnya dalam menciptakan teknologi tepat guna, khususnya penerapan teknologi bidang pertanian dalam arti luas, pengembangan UMKM dan industri padat karya yang menjadi prioritas pembangunan Jawa Tengah tahun 2008-2013. IKM selain mampu bertahan dalam krisis ekonomi global, keberadaannya dapat membuka lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat.

Gubernur juga mengharapkan, sejalan dengan kegiatan tersebut, maka keberadaan perguruan tinggi agar tidak hanya sekedar melakukan aktivitas belajar mengajar saja, akan tetapi juga harus mampu mengembangkan diri menjadi lembaga pengembangan teknologi yang tidak hanya berdaya guna bagi pengembangan teknologi, tetapi juga bagi masyarakat dan pem-bangunan dalam arti luas. Dia juga minta agar kegiatan tersebut benar-benar dapat membangkitkan semangat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi generasi muda, serta mendorong pelajar dalam menciptakan teknologi baru khususnya teknologi terapan yang berguna bagi masyarakat di pedesaan. (*Js ed Bs)

dikutip dari
http://www.jawatengah.go.id/newsmodeler.php?NEWS=2009111903

Tidak ada komentar:

Posting Komentar